Apakah Bitcoin sesuai dengan Syariah?

Discussion in 'Diskusi Bitcoin' started by Osukaru, Feb 21, 2015.

Charisma-finance cloudbet.com Finom
  1. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    setiap hal pasti ada pro dan konta.. dah biasa gan.. kalo yang nggak respek sama bitcoin ya berarti emang dia tidak sedang hidup dengan mengandalkan bitcoin. tapi yang memang memerlukan pasti mereka punya keperluan yang menguntungkan dari bitcoin. jadi masing masing aja lah tergantung profesi.. :smile:
     
  2. Alim Aridho
    Offline

    Alim Aridho Member Baru

    Bitcoin Address:
    susah lah masyarakat kita buat nerima hal2 baru , kentel banget budaya turun temurun nya. apalagi tentang teknologi bitcoin dan tektek bengek yang kebanyakan pusing memahami apa bitcoin sebenarnya ini :(
     
  3. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    masih kebanyakan diterima oleh kawula muda.. yang hidup dikelilingi akses internet. kalo uang tua kita mungkin udah terlalu ribet buat mengetahui apa itu bitcoin apalagi buat menambangnya.. kecuali ortu gaul
     
  4. untalk
    Offline

    untalk Member Baru

    VIP Username:
    untalk
    Bitcoin Address:
    Sebelum lebih jauh menilai halal haram bitcoin, terlebih dahulu tetapkan bitcoin sebagai apa? Apakah barang (komoditas) ataukah mata uang? Yuk kita bahas satu persatu.
    1. Bitcoin sebagai barang
    Jika kita menganggap bitcoin sebagai barang, maka muamalah dengan bitcoin hukum asalnya adalah mubah (halal). Kita boleh menjual, membeli, menggadai, atau meminjam bitcoin sebagaimana barang-barang lainnya. Bitcoin secara zat nya adalah halal. Yang menyebabkan hukumnya berubah menjadi haram/makruh adalah pada akad muamalahnya, apakah mengandung riba, ghoror, atau maishir. Hal ini insya Allah akan kita bahas nanti.
    2. Bitcoin sebagai mata uang
    Jika kita mengikuti pendapat bahwa bitcoin adalah mata uang, maka berlaku hukum muamalah sebagaimana mata uang lainnya. Hukum asalnya adalah boleh (mubah) asalkan tidak mengandung riba, ghoror, atau maishir. Satu hal yang harus diperhatikan, yaitu transaksi harus dilakukan secara tunai untuk menghindari riba nasi'ah.​

    Bagi saya pribadi, bitcoin adalah mata uang. Bagaimana menurut anda?
     
  5. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    mantep gan.. pencerahannya.. ane setuju ajalah sama agan
    ane juga menganggap bitcoin sebagai mata uang sebagaimana banyaknya mata uang lain atau wallet lain yang ada di dunia online. dan itu memang sah sah saja.. selagi kita mempunyai niat baik, ya pasti tidak akan haram
     
  6. hendro79
    Offline

    hendro79 Member Baru

    Bitcoin Address:
    menurutsaya bitcoin sama aja kita bekerja dan menerima bayaran atad upah kerja kita yg haram adalah dengan berjudi menipu itulah haram begitupun dengan waktu asa tidak sampai mengganggu ibadah itupun sama seperti didunia nyata kita lembur dapat upah lebih besar dengan meninggalkan kewajiban. ibadah jadi harus seimbang antara kehidupan dengan agama mohon koreksi Nb bitcoin itu menurut saya adalah alat pembayaran semata
     
    Last edited: Jan 16, 2017
    aqib widodo likes this.
  7. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    bagus gan pencerahannya.. memang harus seimbang dalam segala hal. yang penting kita tahu batasnya.. karena hal yang tadinya baik bisa jadi buruk jika kita salah pada niat dan tempatnya.
     
    hendro79 likes this.
  8. pencari ilmu
    Offline

    pencari ilmu Member Baru

    Bitcoin Address:
    Tanya dong...
    Kalau mau invest atau minta jasa mining bitcoin yg halal dimana ya?
    Minta linknya dong kalau ada.. :)
     
  9. hikaya900
    Offline

    hikaya900 Member Baru

  10. shayya
    Offline

    shayya Member Baru

    Bitcoin Address:
    hmmm .. karena keterbatasan Ilmu saya hanya mampu manggut" tp mudah saya memahami ... Ulasan nya Positif di sambut Respon yg Sopan dan Kreatif. trim's bwt Info" nya .
     
  11. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    sama sama gan. memang untungnya forum itu harus memberi wawasan, sisi positif dan negatifnya buat para newbie agar mereka bisa memutuskan dengan baik apakah mau join atau tidaknya..
     
  12. Xbitz
    Offline

    Xbitz Member Baru

    ya, masyarakat indonesia susah untuk menerima sesuatu yg berbau kemajuan. namun mudah menerima sesuatu yg mungkin kurang ada manfaatnya.
    bahkan teman saya yg mahasiswa pun masih ada yg percaya tentang klenak-klenik yg sebenarnya saya sendiri sangat sulit menerimanya
     
  13. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    ya itulah namanya manusia gan, penuh dengan perbedaan dan penuh dengan pro dan kontra. kalo nggak ada seperti itu maka nggak asik donk. begitu juga dengan bitcoin ini yang sebagian mau menerimanya dan sebagian menolak jadi dengan keadaan seperti itu maka bitcoin sangat menarik untuk diperdagangkan.
     
  14. Ddonal
    Offline

    Ddonal Member Baru

    Bitcoin Address:
    bitcoin dibatasi hanya 21 juta karna untuk mencegah terjadinnya inflasi
    kalau jumlah bitcoin tidak dibatasi maka yang terjadi seperti uang rupiah pada jaman dahulu yang pernah mengalami inflasi besar besaran.
    mohon koreksi kalau salah
     
  15. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    it is that correct aja lah gan. memang harus ada pembatasan, sehingga para penabung dan pengambang bitcoin akan semakin diuntungkan. apalagi sekarang nilainya yang sudah tinggi.
     
  16. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    yang pernah saya denger dahulu sih memang seperti itu gan. nggak tahu dah sekarang.. tapi memang setiap mata uang mesti ada pembatasan agar terhindar dari inflasi.
     
  17. muhammad.maulana.muhidin
    Offline

    muhammad.maulana.muhidin Member Baru

    Bitcoin Address:
    Mantap, lengkap, padat, jelas.
     
  18. Arnes
    Offline

    Arnes Member Baru

    Bitcoin Address:
    Referensi yang menarik. Mantap.
     
  19. nanozero
    Offline

    nanozero Fresh dari Oven

    Bitcoin Address:
    Karena saya mendapatkan sedikit info dari hasil riset jadi saya mau sedikit meluruskan sedikit dan memberi tambahan. Apakah mungkin jika bitcoin adalah suatu perkembangan untuk dunia tapi sedikit lebih menyimpang jauh (daripada uang kertas) dari syar'i yaitu komoditas?
    Banyak sekali info karakteristik uang tapi tidak ada suatu blog atau forum yang tidak menyantumkan hukum yang lebih.

    Saya cantumkan lagi karakteristik dari mata uang
    1. Mata Uang adalah sesuatu yang berupa makanan atau logam mulia.
    2. Mata Uang tersedia secara bebas dan tidak diatur siapapun.
    3. Mata Uang bersifat tahan lama dan tidak mengalami kerusakan atau korosi.
    4. Mata Uang memiliki nilai intrinsik.
    5. Mata Uang itu diciptakan dan dibuat berharga oleh Tuhan.
    6. Mata Uang berfungsi sebagai sebuah media pertukaran.
    Dalam hal bitcoin akan memberi info simpulan dengan hasil riset saya
    Poin nomer 1 seharusnya tidak boleh dibantah, dikarenakan sudah mengikuti aturan nomer 2 sampai 6. (Sesuai anjuran al quran dan hadits)
    Poin nomer 2 tidak saya setujui karena memikirkan bagaimana untuk yang berkehidupan kekurangan, dikarenakan bitcoin bisa didapatkan dengan bebas asalkan memiliki syarat yang dibutuhkan (dalam hal mining solo/mining pool) sedangkan untuk mata uang (nomer 1) bisa didapatkan langsung dari alam tanpa syarat.
    Poin nomer 3 bitcoin kemungkinan besar bertahan lama tetapi dalam hal penggunaan, karena bitcoin dipergunakan karena dihargai dan tidak berlaku untuk kerusakan atau korosi karena tidak ada fisik.
    Poin nomer 4 ini mungkin lebih diabaikan dalam artiannya, karena nilai intrinsik berarti nilai yang melekat pada fisik. Bitcoin tidak memiliki poin ini dikarenakan tidak memiliki fisik.
    Poin nomer 5 juga sedikit diabaikan untuk isi kandungannya, karena yang dimaksudkan adalah langsung diciptakan oleh Tuhan sendiri misalnya adalah langsung dari Alam, dan bitcoin di buat dan dihargai oleh manusia seperti uang kertas.
    Poin nomer 6 sudah jelas syarat menjadi mata uang dan tidak usah di bahas

    Bitcoin memiliki poin nomer 3 dan 6, bagaimana jika dibandingkan dengan uang kertas? Uang kertas memiliki 1 Poin saja yaitu poin nomer 6. Uang kertas tidak memiliki nilai intrinsik karena bahan dari kertas.

    Jadi itu yang bisa saya simpulkan dari riset (beberapa kesimpulan sumber hadits dan Al Quran) jika bitcoin memiliki hukum mubah atau boleh (sama seperti uang kertas) untuk menurut saya sendiri karena emas sudah di boikot sama reckofeller (yang melakukan zalim), dan kesimpulan ini sesuai pemikiran saya sendiri dan saya hanya orang biasa.

    Sekarang hanya tinggal menunggu pemerintah melegalkannya.
     
  20. jayahandika
    Offline

    jayahandika Member Baru

    Bitcoin Address:
    3 dari 10 teman saya sudah tahu dan mengerti apa itu bitcoin.Dan hanya saya yang berani untuk berharap dengan bitcoin.tidak adanya keingintahuan tentang bitcoin menjadi masalah kenapa hanya segelintir orang yang mau memiliki bitcoin. Bitcoin bisa saja di sebut sebagai mata uang karena nilai nya tetap.yang merubah nilai bitcoin adalah karena adanya praktek jual beli = penyediaan dan permintaan terhadap pasangan crypto currency lain ,serta aktivitas jual beli terhadap pasangan mata uang Regional suatu negara yang juga terjadi proses tarik menarik terhadap mata uang Regional suatu negara lainnya. Pembuatan bitcoin pun tidak semata-mata tercipta begitu saja melainkan dengan proses algoritma komputasi tingkat tinggi yang tidak ada satu orangpun yang dapat mencurangi sistem jaringan. Apa bedanya dengan rupiah terhadap mata uang lain yang sewaktu-waktu dapat menguat dan melemah.bahkan untuk orang awam pun yang tidak mengerti pasar forex dan crypto currency trading akan merasakan dari kehari nilai rupiah semakin melemah terkait harga kebutuhan pokok yang semakin meroket (Rupiah terhadap komoditas)
     
Charisma-finance cloudbet.com Finom

Share This Page