di indonesia bitcoin kapan jadi mata uang? di jepang udah nih

Discussion in 'Berita Cryptocurrencies' started by panencoin, May 30, 2016.

  1. panencoin
    Offline

    panencoin Member Baru

    Bitcoin Address:
    JAKARTA - Jepang resmi mengumumkan penggunaan Bitcoin sebagai klasifikasi mata uang yang sah. Di Jepang, regulasi Bitcoin diatur oleh lembaga yang juga mengelola peredaran mata uang yen bernama Financial Services Agency.

    Tidak hanya Jepang, Luxemburg juga telah melegalkan salah satu bursa Bitcoin raksasa bernama Bitstamp untuk beroperasi di Eropa. Inggris pun menyetujui untuk menggelontorkan USD14,6 juta untuk membangun lembaga penelitian yang terfokus pada pengembangan mata uang digital dan meyakini teknologi Bitcoin merevolusi dunia, seperti halnya internet.

    Lantas, perlukah Indonesia mengikuti jejak negara-negara maju itu?

    Pakar Digital Marketing Anthony Leong mengatakan, akan baik bila Indonesia melegalkan Bitcoin. Dia bilang, legalisasi ini dilakukan demi efisiensi dan juga transparan dalam bertransaksi.

    “Semakin banyak yang menyetujui mata uang digital berarti Bitcoin semakin diterima di berbagai kalangan. Indonesia sudah saatnya mengikuti perkembangan zaman dalam hal mata uang ini. Teknologi ini bisa menjadi bagian turunan dari sistem keuangan global, karena memang efisien dan diatur secara desentralisasi melalui teknologi peer to peer,” kata Anthony dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jakarta, Senin (16/5/2016).

    Dia menuturkan, dari gelagat negara maju yang serius pengembangan maupun penggunaan Bitcoin, bukan tidak mungkin Bitcoin makin meluas dan diakui eksistensinya sebagai mata uang global di masa depan.

    “Saya rasa dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, eksistensi Bitcoin pasti semakin melebar. Lahir pada 2009, perubahan pada teknologi mata uang digital yakni Blockchain ini terus berevolusi,” cetus dia.

    Dia mencontohkan, salah satu perusahaan hiburan terbesar di Jepang, DMM merespons penggunaan Bitcoin untuk semua transaksi produk dan layanannya. Sebuah kota di Swiss bernama Zug juga telah melakukan transaksi dengan Bitcoin. Seakan tak mau kalah, kota New York, Amerika Serikat (AS) telah merampungkan regulasi Bitcoin yang dinamainya BitLicense dan perusahaan ternama, seperti Microsoft, Rakuten, Overstock, dan Time Inc telah menerima pembayaran melalui Bitcoin.

    “Fenomena penggunaan Bitcoin secara global sudah jelas mulai banyak dipakai di negara lain karena kehebatannya. Sama saja kita dulu juga tidak menyangka internet sehebat ini. Ini efisiensi di era sharing economy yang semakin berkembang. Coba bayangkan untuk kirim uang sekalipun ke negara lain bisa dalam sekejap atau hitungan detik saja dan itu juga tak dikenakan biaya,” terangnya.

    Sekjen Asoasiasi Pengusaha Digital Indonesia ini juga menyarankan sebaiknya pengusaha dan pemerintah tak perlu ragu atau khawatir menggunakan Bitcoin. Alasannya karena pada dasarnya Bitcoin dapat dipelajari dan diaplikasikan teknologinya untuk mendukung efisiensi sistem kerja.

    “Kita coba lihat regulasi yang ada di Jepang dan Inggris, BitLicense muncul untuk bantu perusahaan nerapin regulasi KYC (Know Your Customer) dan anti pencucian uang dalam bisnis,” kata Anthony yang juga Komisaris PT Indo Menara Digital.

    (rai)

    Sumber

    mantapps coba di indonesia kayak gitu, kan lebih jelas regulasinya
     
  2. lembing
    Offline

    lembing Member Baru

    Bitcoin Address:
    OK Yang jelas kalau dibuat regulasi dan sistemnya bitcoin akan lebih aman dan mengurangi korupsi
     
  3. Kantong Ajaib
    Offline

    Kantong Ajaib Member Baru

    Apa yang terjadi kalau Indonesia & semua negara di dunia pakai bitcoin?
    1. Jual rujak pakai bitcoin.
    2. Jual bensin pakai bitcoin.
    3. Bayar parkiran pakai bitcoin.
    4. Gaji karyawan pakai bitcoin.
    Sepertinya, uang kertas tidak akan digunakan lagi.
    1. Tidak efisien, karena mudah terbakar.
    2. Mudah kusut & rusak sehingga harus diperbarui, dan pasti memakan anggaran negara.
    3. Semakin banyak jumlah, membuat dompet semakin berat & susah dipegang.
    Akibat dari semua itu, tidak akan ada lagi:
    1. Paypal.
    2. Moneychanger.
    Dan yang paling ditunggu:
    1. Kapan hal itu akan terjadi??
     
  4. aqib widodo
    Offline

    aqib widodo Member Baru

    Bitcoin Address:
    saya stuju dengan agan.. dengan disahkannya bitcoin maka saya pikir para koruptor akan semakin sulit diperiksa. memang semua itu tergantung dari masing masing penggunanya,, tapi akan banyak yang menyalahgunakan oleh kalangan tertentu dan tentunya mengancam negara kita.
     
  5. Cryptoaddict
    Offline

    Cryptoaddict Newbie Moderator™ Staff Member

    Change Tip:
    Bitcoin Address:
    justru terbalik, kalau pakai bitcoin justru lebih mudah diperiksa para koruptor itu karena semua transaksi tercatat lengkap tanpa bisa diubah siapapun, beda dengan korupsi pakai uang tunai atau kwitansi palsu yg sulit dilacak kalau tidak tertangkap tangan.
     
  6. Muchtar Syarif
    Offline

    Muchtar Syarif Member Baru

    Bitcoin Address:
    benar kata agan aqib widodo.. koruptor sulit di periksa,, meskipun transaksi transparan, akan tetapi wallet dari bitcoin sangat banyak, ,itu membuat tingkat kesulitan untuk melacak juga smkin besar
     
  7. Cryptoaddict
    Offline

    Cryptoaddict Newbie Moderator™ Staff Member

    Change Tip:
    Bitcoin Address:
    itu kan untuk pengguna umum, kalau untuk proyek pemerintahan atau pejabat pemerintahan yg rawan korupsi kan bisa digunakan fitur fitur cryptocurrency yg sudah/akan dibuat seperti wallet yg tercatat, wallet yg di beri tag, smart contract, multisig, dsb, untuk semua pihak/pejabat/staff/perusahaan yg berpartisipasi dalam sebuah proyek pemerintah, jadi cukup ada satu saja transaksi ke wallet yg tidak diauthorisasi sudah bisa dicurigai ada penyelewengan, dan diketahui sumbernya.
     
  8. cambyman
    Offline

    cambyman Reguler

    Bitcoin Address:
    kalau untuk daily transaction, ane sih bukan ragu ya, tapi kecepatan confirm transaksi nya kadang agak lama mungkin agak sulit di terima pasar. Kalau untuk online shop ane rasa yang memang masih memiliki waktu tenggang gak masalah. Tapi kalau bayar bensin, parkir? ane masih pesimis pasar bakal menerima karena kecepatan confirm nya ini. Ane ga tau kalau sudah complete 21jt apakah kecepatan confirm transaksi bisa lebih meningkat apalagi untuk transaksi small ammount ya.
     
  9. Cryptoaddict
    Offline

    Cryptoaddict Newbie Moderator™ Staff Member

    Change Tip:
    Bitcoin Address:
    ada fitur untuk mengatasi itu seperti lighting network, dsb yg bisa khusus di implementasikan untuk pembayaran rutin dan microtransaction( pembayaran jumlah kecil).

    pernah coba beli pulsa telepon pakai bitcoin? dimana pembayaran langsung terdeteksi dan pulsa terkirim ke nomor kita cuma beberapa detik setelah kita scan QR code dengan HP atau klik send payment.
     
  10. cambyman
    Offline

    cambyman Reguler

    Bitcoin Address:
    nah belum tau dan belum pernah coba, soalnya ane pikir itu tergantung dari fee network transaction, soalnya biasa main faucet biasanya masuknya agak lama setelah terbit address blockchain nya. Berarti untuk daily transaction untuk kecepatan confirm transaksi sudah bisa mendukung.
     
  11. cambyman
    Offline

    cambyman Reguler

    Bitcoin Address:

Share This Page