E-Voting Berteknologi Blockchain

Discussion in 'Berita Cryptocurrencies' started by Vinsensius, Jun 4, 2016.

Opera Coin Cryptonomos Toko Bitcoin Bitcoin Mobile
  1. Vinsensius
    Offline

    Vinsensius Reguler

    Bitcoin Address:
    Hal khusus, secara teknis yang perlu diterapkan dalam e-voting di Indonesia, pertama merapikan sistem data kependudukan kita dan mempercepat pengadaan e-KTP secara merata. Tanpa itu e-voting akan berlangsung sia-sia.

    Kedua, Kita dihadapkan pada pilihan apakah kita masih mengandalkan TPS atau mengikuti sistem seperti di Estonia? Mengingat jumlah pemilih yang berhak ikut pemilu pasti akan bertambah, maka ini berdampak pada biaya pengadaan perangkat keras itu. Belum lagi kalau misalnya kita hendak menempatkan satuprinter di setiap TPS yang mencetak tanda bukti sudah memilih. Yang paling efisien tentu saja tanpa TPS, tetapi pemilih dapat melakukannya komputer atau perangkat mobile yang terhubung ke jaringan Internet. Cara ini KPU harus menjamin peranti lunak di perangkat para pemilih harus benar-benar aman dari peretas, terlebih-lebih sistem internet di dalam negeri yang harus terproteksi penuh.

    Ketiga, dengan mengasumsikan kita tidak menggunakan TPS konvensional, maka peranti lunak dapat memanfaatkan yang berbasis open source blockchain di dalam jaringan Internet, yang selama ini digunakan sebagai tulang punggung mata uang digital bitcoin. Sistem ini dikenal sangat aman, ketika jumlah partisipan yang terlibat di dalamnya sangat banyak, apalagi berlangsung seketika dan bersamaan.

    Blockchain memanfaatkan digital signature tingkat tinggi, memanfaatkan teknologi kriptografi (ilmu penyandian informasi secara matematis), di mana hasil suara pemilu tidak dapat di-reverse dan dimanipulasi, karena dilindungi algoritma sistemnya. Di sini KPU, BPPT dan KPLI (Kelompok Pencinta Linux Indonesia), di masa depan dapat mengembangkan sendiri blockchain-nya khusus pemilu. Kalau tidak mau capek dalam skala kecil dapat memanfaatkan teknologi blockchain generasi kedua yang dibuat oleh Vitalik Buterin pada mata uang digital Ethereum. Teknologi smart contract ini sudah dimanfaatkan oleh Microsoft dalam mengembangkan teknologi cloud computing mereka, Microsoft Azure.

    Pada 12 Februari 2016, Pemerintah Ukraina menandatangai kerjasama dengan Ambisafe, perusahaan AS untuk mengembangkan e-Vox, sebuah sistem pemungutan suara elektronik berbasis blockchain. Perusahaan itu mengklaim teknologi distributed ledger itu mampu mencegah fraud dan memungkinkan pemilu lebih transparan. Prototipe teknologi itu berbasis smart contract yang dikembangkan pada jaringan Ethereum. e-Vox dapat diterapkan pada semua jenis voting, mulai dari jajak pendapat intra perusahaan dan petisi elektronik, hingga referendum politik dan pemilu parlemen. Pembuat e-Vox yakin penerapan teknologi ini memungkinkan pemilu dilakukan tanpa perantara, administrator dan semua jenis penengah lainnya.

    Secara garis besar digital signature adalah sebuah skema matematis yang secara unik mengidentifikasikan seorang pengirim, skaligus untuk membuktikan keaslian dari pemilik sebuah pesan atau dokumen digital, sehingga sebuah digital signature yang autentik (sah), sudah cukup menjadi alasan bagi penerima untuk percaya bahwa sebuah pesan atau dokumen yang diterima adalah berasal dari pengirim yang telah diketahui. Dalam pemakaian tanda tangan digital telah dilindungi oleh Undang Undang (UU) No. 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). UU ini mengatur sistem pembuktian dari informasi, dokumen, dan tanda tangan elektronik yang secara rinci dituangkan dalam Pasal 5 sampai Pasal 12.

    Dalam gambaran sistem yang agak berbeda, digital signature ini menggabungkan antara nomor urut surat suara dengan nomor KTP pemilih, waktu pencetakan surat suara, dan nomor PIN khusus yang dapat dipergunakan sekali oleh pemilih yang didapat di surat undangan untuk memilih, semua nomor akan dikombinasikan dengan teknik penyandian (cryptography) dan menciptakan nomor khusus yang akan dicetak pada lembar surat suara sebelum surat suara tersebut diserahkan pada pemilih untuk dipilih.

    BACA LEBIH lanjut baca DI KABARMEDAN.com
     
  2. lembing
    Offline

    lembing Member Baru

    Bitcoin Address:
    Kalau benar bisa dilaksanakan berarti tidak akan terjadi manipulasi hasil suara maupun jumlah pemilih atau pemilih palsu dengan ktp palsu. Siapkah developer Anak bangsa untuk memanfaatkan blockchain teknologi?
     
  3. david_lang
    Offline

    david_lang Member Baru

    Bitcoin Address:
    ternyata blockchain benar-benar jurdil klo digunakan
     
Opera Coin Cryptonomos Toko Bitcoin Bitcoin Mobile

Share This Page