Identitas Pengguna Bitcoin Ternyata Bisa Diungkap

Discussion in 'Berita Cryptocurrencies' started by dimas nawacitra, May 19, 2015.

Ifxglobe 1xBit Trading Kontes
  1. dimas nawacitra

    dimas nawacitra Member Baru

    Bitcoin Address:
    [​IMG]
    Bitcoin adalah uang baru masa kini yang dikenal juga dengan sebutan uang virtual yang bisa dipertukarkan di dunia maya atau jaringan internet. Banyak transaksi bitcoin ini menggunakan anonim sehingga sulit untuk mengidentifikasinya.

    Akan tetapi, sejumlah kelompok peneliti di seluruh dunia menunjukkan bahwa sesungguhnya siapa yang bertransaksi denga bitcoin ini bisa diketahui. Mereka juga bisa ditelusuri apakah melakukan transaksi bersama atau transaksi perorangan, termasuk apakah menggunakan nama samaran atau nama sebenarnya.

    Tim peneliti di University of Luxembourg misalnya, mereka bisa mengungkapkan alamat IP di belakang setiap transaksi bitcoin tersebut. Mereka hanya bermodalkan seperangkan peralatan komputer, software, dan uang 1.500 euro.

    "Beberapa orang berpikir bitcoin ini akan semakin ramai digunakan dimasa depan. Jadi, saya pikir sangat penting, terutama Luksemburg untuk melihat bagaimana perkembangan bitcoin ini," kata Profesor Alex Biryukov yang memimpin riset mata uang digital di University of Luxembourg, dilansir dari Science Daily, Kamis (23/4).

    Sistem bitcoin tidak dikelola pemerintah pusat, melainkan bergantung jaringan peer to peer di internet. Siapapun bisa bergabung dengan jaringan ini selama penggunanya memiliki kapasitas komputasi yang cukup untuk memproses transaksi.

    Dalam jaringan ini, identitas pengguna tersembunyi di balik nama samaran kriptografi yang dapat diubah kapanpun mereka menginginkannya. Transaksi yang ditandatangani dengan nama samaran ini kemudian disiarkan ke jaringan publik untuk memverifikasi keaslian mereka dan mengalihkan bitcoin ke pemilik baru.

    Dalam studi baru, para peneliti menemukan bahwa bitcoin tidak melindungi alamat IP pengguna. Hal ini bisa dihubungkan dengan transaksi si pengguna secara real time. Untuk mengetahui ini, seorang hacker hanya membutuhkan seperangkat komputer dan uang 1.500 euro per bulan untuk biaya server dan mobilisasinya. Selain itu, jaringan anonymization populer seperti 'Tor' pun bisa diblokir dengan mudah.

    Ide dasar di balik temuan peneltiian ini adalah bahwa bitcoin entry nodes terhubung dengan komputer si pengguna saat melakukan transaksi. Ini membentuk identifikasi unik selama sesi transaksi dilakukan. Pola unik ini bisa dihubungkan ke alamat IP pengguna. Selain itu, hacker bisa mengetahui jumlah transaksi yang mereka lakukan selama satu sesi. Dengan metode ini, hacker bisa mengungkap sekitar 60 persen siapa yang berada di belakang transaksi tersebut.

    "Analisis jaringan bitcoin ini digabungkan dengan penelitian sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa memang tingkat perlindungan anonimitas jaringan bitcoin ini cukup rendah," kata Biryukov.

    ## nah gan jadi bitcoin itu punya syarat untuk menjadi mata uang global yang sah karena keterbukaan informasi sehingga jika terjadi penyimpangan bisa diusut oleh aparat hukum. tingkat perlindungan anonimitas yang sangat rendah di jaringan bitcoin menbuat para juragan ga usah resah kalau ada penipuan dalam transaksi bitcoin karena bisa dilacak si penipu gan.
     
    Takashi Adrian Syukur likes this.
  2. dimas nawacitra

    dimas nawacitra Member Baru

    Bitcoin Address:
    udah aman, transaksi mudah, bisa dipake semua negara gak perlu bingung nilai tukar
     
    Takashi Adrian Syukur likes this.
  3. Sukma Jati

    Sukma Jati Rajin Online

    VIP Username:
    sukmasakti
    Bitcoin Address:
    ya mas, begitulah transaksi bitcoin yang ane suka. karena ia terbuka sehingga tak mudah bagi para koruptor untuk memanfaatkan bitcoin sebagai sarana mencuci uang2nya
     
    Takashi Adrian Syukur likes this.
  4. Ahmad Ramdani

    Ahmad Ramdani Reguler

    Change Tip:
    Bitcoin Address:
    Berharap bisa seperti itu :) , jadi gak perlu was was penipuan :)
     
    Takashi Adrian Syukur likes this.
  5. Gilang574

    Gilang574 Rajin Online

    Bitcoin Address:
    wah asiik jadi anonymous dan tetap aman dari penipuan
     
    Takashi Adrian Syukur likes this.
  6. Ahmad Ramdani

    Ahmad Ramdani Reguler

    Change Tip:
    Bitcoin Address:
    semua tergantung ketentuan penyedia Wallet nya :smile: heheheeh
     
  7. Gilang574

    Gilang574 Rajin Online

    Bitcoin Address:
    tidak masalah soal wallet kok, tetap terkendali pakai via coinbase dan blockchain.info lengkap keamanan tingkat tinggi :-D
     
  8. Putri

    Putri Member Baru

    Bitcoin Address:
    ternyata gitu ya wan bisa diungkapkan
     
  9. Putri

    Putri Member Baru

    Bitcoin Address:
    kalo saya pakai blockchain wan
     
  10. Putri

    Putri Member Baru

    Bitcoin Address:
    ia nih setuju
     
Ifxglobe 1xBit Trading Kontes

Share This Page